MOMENTUM BERSEJARAH DI BULAN RAMADHAN


Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa penuh dengan keberkahan. Bersamanya banyak peristiwa atau momentum penting bagi umat Islam. Sejarah yang terjadi di masa lalu tersebut telah terekam oleh kamu muslim dari masa ke masa. Banyaknya peristiwa penting tersebut menandakan bahwa Ramadhan adalah bukan bulan biasa, bukan saatnya santai dan beristirahat karena shaum yang sedang dijalankan. Sebab pada kenyataanya sejarah telah mencatatkan banyak momentum kemenangan yang bukan hanya menguji mental, fisik maupunh emosi kamu muslim. Berikut adalah beberapa peristiwa yang
Tentunya kita tidak boleh melewatkan lintasan sejarah tersebut. Banyaknya peristiwa penting yang
terjadi pada bulan Ramadhan, sehingga  menandakan bahwa bulan ini sama sekali bukan bulan yang santai, ataupun menjadikan umat Islam lemah secara fisik karena sedang menjalankan ibadah shaum Ramadhan.
Sebaliknya, peristiwa-peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadhan adalah kejadian-kejadian yang senantiasa menguji mental, fisik maupun rohani, dan emosi. Berikut berbagai peristiwa-peristiwa
penting yang terjadi di bulan Ramadhan :
Turunnya Wahyu Pertama
Pada tanggal 17 Ramadhan Rasulullah menerima wahyu pertama Al Quran yakni surat Al Alaq [96]:1-5, kepada Nabi Muhammad sewaktu berada di gua Hira. Al Quran juga melukiskan peristiwa penting itu sebagai berikut,“Bulan Ramadhan yang diturunkan di dalamnya Al Quran, sebagai petunjuk bagi
manusia dan penjelasan atas petunjuk itu, serta pemisah antara hak dan batil”. (QS. Al Baqarah
[2]: 185). Ibnu Katsir mengatakan bahwa Allah SWT menyanjung bulan Ramadhan atas bulan-bulan yang lain, yaitu dengan memilihnya sebagai bulan dimana Al Quran diturunkan di dalamnya. 


Perang Badar
Pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 Hijriyah, terjadilah Perang Badar adalah pertempuran pertama yang dilakukan kaum Muslim setelah berhijrah ke Madinah melawan kaum Quraisy dari Mekkah. Pertempuran berakhir dengan kemenangan pihak Muslim yang berkekuatan 313 orang melawan sekitar 1000 orang dari Mekkah.  Allah SWT berkenan menerangkan kisah yang bersejarah ini dalam Al Quran: "Dan sungguh Allah telah menolong kamu dalam Perang Badar, padahal kamu dalam keadaan lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, agar kamu mensyukuri-Nya." (QS. Ali Imran [3]: 123) 


Peristiwa Fathu Makkah
Fathu Makkah/ Mekah dikuasai pada bulan Ramadhan. Fathu Makkah merupakan peristiwa besar. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata”. (QS. Al Fath [48]: 1). Sebagian ahli tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud kemenangan di sini adalah peristiwa Fathu Makkah. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 21 Ramadhan, tahun 8 hijriyah. Di bulan yang sama pula Khalid bin Walid menghancurkan patung Uzza.

Thariq Bin Ziyad Menaklukan Andalusia
Tentara Islam di bawah pimpinan Thariq bin Ziyad berhasil menyeberangi selat Giblatar atau Jabal
Thariq untuk masuk ke Andalusia (Spanyol) dan kemudian berhasil menguasainya. Kejadian dramatis
ini terjadi pada tanggal 28 Ramadhan tahun 92 Hijriyah.  


Thariq Bin Ziyad Menaklukan Andalusia
Andalus ditaklukkan pada bulan Ramadhan. Pada 28 Ramadhan tahun 92 H, pasukan Islam yang dipimpin oleh Thariq bin Ziyad berhasil memasuki Andalus dari arah pesisir, ini adalah hal yang diluar
dugaan, sehingga Roderick, penguasa Visigoth Spanyol segera mempersiapkan pasukannya yang
berjumlah 25.000. Setelah menguasai Jabal Thariq dan membakar kapal-kapal yang telah digunakannya, Thariq bin Ziyad berkhutbah di depan pasukannya: ”Lautan dibelakang kalian! Musuh di depan kalian!”. Lalu pecahlah pertempuran antara 12.000 pasukan Muslimin melawan 100.000 tentara Roderick. Yang berakhir dengan tercerai-berainya pasukan Visigoth dan tewasnya Roderick. 


Umat Islam Mengalahkan Tentara Mongol (Peristiwa Ain Jalut)
Pada tanggal 15 Ramadhan tahun 658 Hijriyah, umat Islam berhasil mengalahkan tentara Mongol di
bawah pimpinan Hulagu Khan, cucu Genghis Khan. Perang ini terjadi di Ain Jalut, Palestina Utara. 


Umat Islam Mengalahkan Tentara Mongol (Peristiwa Ain Jalut)
Pasukan Monggol dihancurkan di Palestina pada bulan Ramadhan. Hari Jumat 15 Ramadhan 658 H pasukan Muslim yang dipimpin Saifuddin Qutuz, penguasa dinasti Mamalik di Mesir, berhasil menghancurkan 20.000 tentara Mongol yang dipimpin oleh Qitbuqa. Para sejarawan menganggap bahwa peristiwa ini amat penting dalam sejarah penaklukan bangsa Mongol di Asia Tengah, dimana pasukan Mongol mengalami kekalahan telak atas kaum Muslimin dan tidak mampu membalas kekalahan itu, sebagaimana yang biasa mereka alami, hingga panglima perangnya Qitbuqa berhasil dieksekusi. Peperangan ini terjadi di ‘Ain Jalut, yaitu sebuah desa yang terletak antara Bisan dan Nablus. Sehingga peperangan ini dikenal dengan peristiwa ‘Ain Jalut. 


Kemenangan Salahuddin Al Ayyubi
Pada bulan Ramadhan 583 H, panglima Salahuddin Al Ayyubi, yang di Eropa  terkenal dengan sebutan Saladin, mencapai kemenangan gemilang dengan memukul mundur pasukan Salib pada beberapa medan pertempuran, serta membebaskan sebagian besar daerah yang telah diduduki tentara Salib, di antaranya dapat merebut kembali  Kota Yerusalem dan menawan Raja Yerusalem. 


Proklamasi Kemerdekaan
Proklamasi kemardekaan Indonesia dikumandangkan pada bulan Ramadhan. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dari penjajahan yang telah mendera bangsa yang mayoritas muslim ini, peristiwa itu terjadi pada Jumat terakhir di bulan Ramadhan.


diambil dari Majalah Rumah Lentera (Rumah Zakat) Edisi 67 Tahun 7, 7 Juli 2012

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management